A. PENGERTIAN
Pelatihan adalah Proses yang didesain untuk meningkatkan
pengetahuan dan ketrampilan teknis, ataupun meningkatkan kinerja pegawai
Pengembangan adalah Proses yang didesain untuk meingkatkan
kemampuan konseptual, kemampuan dalam pengambilan keputusan, dan memperluas
human relation.
B. TUJUAN
Ø Memutakhirkan
keahlian seorang individu sejalan dengan perubahan teknologi. Melalui pelatihan
SDM, pelatih (trainer) memastikan bahwa setiap individu dapat secara efektif
menggunakan teknologi-teknologi baru.
Ø Mengurangi
waktu belajar seorang individu baru untuk menjadi kompeten dalam pekerjaan.
Ø Membantu
memecahkan persoalan operasional.
Ø Mengorientasikan
setiap individu terhadap organisasi.
Ø Memberikan
kemampuan yang lebih tinggi dalam melaksanakan tugas dalam bekerja.
Ø Meningkatkan
tingkat professionalisme para karyawan.
C. MANFAAT
Ø Mengurangi
da menghilangkan kinerja yag buruk
Ø Meningkatkan
produktivitas
Ø Membentuk
sikap, loyalitas, da kerja sama yag lebih menguntungkan
Ø Memenuhi
kebutuhan perencanaan sumberdaya manusia
Ø Mengurangi
frekuensi dan biaya kecelakaan kerja
Ø Membantu
karyawan dalam peningkatan dan pengembangan pribadi mereka
D. JENIS
PELATIHAN PENGEMBANGAN SDM
Ø Pelatihan Keahlian (Skill Training)
Ø Pelatihan Ulang
Pelatihan
yang memberikan para karyawan keahlian yg mereka butuhkan ntuk menghadapi
tuntutan kerja yag berubah – ubah
Ø Pelatihan Lintas Fungsional
Pelatihan
karyawan lintas bidang yang tidak sesuai jobdesk sebelumnya.
Ø Pelatihan Tim
Sekelompok
individu menyelesaikan pekerjaan demi tujuan bersama dalam sebuah tim kerja.
Ø Pelatihan Kreatifitas
Tenaga
kerja diberikan peluang untuk mengeluarkan gagasan sebebas mungkin yng berdasar
pada penilaian rasional
E. TAHAPAN
PELATIHAN SDM
Ø Penentuan kebutuhan pelatihanSDM
Tujuan
penentuan kebutuhan pelatihan SDM ini adalah untuk mengumpulkan sebanyak
mungkin informasi yang relevan guna mengetahui data atau menentukan apakah
perlu tidaknya dilakukan pelatihan SDM dalam organisasi tersebut.
Ø Mendesain program pelatihan SDM
Ketepatan
metode pelatihan SDM tergantung pada tujuan yang hendak dicapai identifikasi
mengenai apa yang diinginkan agar para pekerja harus mengetahui dan harus
melakukan.
Ø Evaluasi efektifitas program
pelatihan SDM
Pelatihan
SDM harus merupakan suatu solusi yang tepat bagi permasahan organisasi, yaitu
bahwa pelatihan SDM dimaksudkan untuk memperbaiki kekurangan dari keterampilan
setiappekerja. Tujuan dari tahap ini adalah untuk menguji apakah pelatihan SDM
tersebut efektif di dalam mencapai sasaran-sasarannya yang telah ditetapkan.
F. TEKNIK
PELATIHAN
Ø Metode Praktis (On Job Training)
Metode
Pelatihan yang langsung ditangani oleh supervisi/pimpinan perusahaan.
Ø Metode Simulasi
Dengan
metode ini karyawan peserta latihan representasi tiruan (artificial). Suatu
aspek organisasi dan diminta untuk menanggapinya seperti dalam keadaan
sebenarnya.
Contoh
Metode Simulasi : Metode Studi Kasus, Permainan Rotasi Jabatan, Permainan
Bisnis, dll
G. KESIMPULAN
· Pelatihan
lebih terarah pada peningkatan kemampuan dan keahlian SDM organisasi yang
berkaitan dengan jabatan atau fungsi yang menjadi tanggung jawab individu yang
bersangkutan saat ini (current job oriented). Sasaran yang ingin dicapai dari
suatu program pelatihan adalah peningkatan kinerja individu dalam jabatan atau
fungsi saat ini.
· Pengembangan
cenderung bersifar formal, menyangkut antisipasi kemampuan dan keahlian individu
yang harus dipersiapkan bagi kepentingan jabatan yang akan datang.
REFERENSI
- F, Ujang. 2015. Tujuan Pelatihan SDM dan Pengembangan SDM dalam : https://www.academia.edu/4623846/Tujuan_Pelatihan_SDM_dan_Pengembangan_SDM
- B, Denny. 2009. Pelatihan Kerja : Definisi, Tujuan, Teknik da Manfaatnya dalam : http://jurnal-sdm.blogspot.com/2009/04/pelatihan-kerja-definisi-tujuan-teknik.html
kadangpintar.com | Best Online Casino | Karangpintar
ReplyDeleteKadyo, Kadyo Kadyo and Karangpintar are 온카지노 a unique company. The Karangpintar Group is based 바카라 out of Kalimantan and in Pune. 카지노 Kadyo and Karangpintar